Breaking

Wednesday, September 18, 2019

Berlebihan Pakai Maskara Bisa Buat Jadi Rusak Matanya

Berlebihan Pakai Maskara Bisa Buat Jadi Rusak Matanya

KoranGratis.web.id - Bagi wanita, penampilan menjadi perhatian yang besar. Tidak hanya dalam hal pakaian, make up juga menjadi perhatian utama. Berbagai alat kosmetik yang diperlukan untuk mempercantik diri, seperti bedak, lipstik, pelembab, dan sebagainya.

Di mata, biasanya perempuan menambahan maskara untuk meningkatkan bulu mata yang tampak lebih tebal, panjang, dan lentik. Bagi sebagian orang, maskara ini pasti tidak akan tertinggal. Tapi, ternyata penggunaan maskara secara teratur dapat berbahaya bagi mata.

Hal ini diungkapkan oleh dokter mata dan juru bicara Asosiasi dokter mata, Ceri Smith-Jaynes. Dia mengatakan penggunaan maskara setiap hari dapat menyebabkan kerusakan serius pada mata.

Dikutip dari Mirror, penggunaan maskara secara teratur dapat menyebabkan infeksi serius, bahkan merusak lapisan air mata. Secara umum, lanjutnya, kosmetik yang digunakan di daerah sekitar mata dapat bermigrasi ke dalam mata dalam hitungan menit.

"Beberapa jenis maskara tekstur sangat berserat dan dapat menyebabkan iritasi pada beberapa orang. Penggunaan kosmetik di daerah mata juga dapat mengganggu film air mata halus. Jika bagian terganggu, maka air mata akan menguap lebih cepat, membuat mata kering, iritasi," jelasnya,

Jaynes menjelaskan, botol maskara juga rentan terhadap kontaminasi oleh bakteri yang hidup pada kulit setelah beberapa bulan dan mungkin menyebabkan infeksi pada mata. Dia menyarankan, di pengguna maskara kosmetik tertentu harus mempertimbangkan penggunaan simbol atau petunjuk yang tercantum pada botol.

"Mascara harus digunakan selama 3 bulan setelah pertama kali dibuka dan digunakan. Jika lebih dari itu, membuangnya dan menggunakan produk baru untuk mencegah infeksi yang merugikan mempengaruhi mata," kata Jaynes.

KoranGratis.web.id I Menyajikan sajian berita harian untuk Anda.
Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact