Breaking

Sunday, June 30, 2019

Di Perayaan 50 Tahun Insiden Stonewall, Lady Gaga Berikan Sebuah Kejutan

Di Perayaan 50 Tahun Insiden Stonewall, Lady Gaga Berikan Sebuah Kejutan

KoranGratis.web.id - Lady Gaga membuat kerumunan pengunjung ke klub gay Stonewall di Manhattan, New York dengan mengunjungi tempat bersejarah dari saat Bulan Pride. Kunjungan itu berlangsung di tengah program memperingati kejadian Stonewall, 50 tahun lalu.

"Saya benar-benar berharap Anda merayakan setiap menit dari siapa Anda sekarang," kata Gaga, yang dikenal sebagai idola dan pembela komunitas LGBT di hadapan pengunjung Stonewall Inn.

"Kamu terlahir seperti ini dan kamu adalah superstar," lanjut Gaga, merujuk pada lagunya 'Born This Way' (2011), sebuah lagu yang dianggap sebagai salah satu 'lagu kebangsaan gay' di era modern.

The Stonewall Dalam insiden kerusuhan yang terjadi 50 tahun lalu adalah awal dari perayaan Bulan Pride yang sekarang diadakan di semua bagian dunia setiap bulan Juni.

Pada 28 Juni 1969, sekelompok pasukan keamanan menggerebek klub gay yang terkenal.

Seringkali menjadi sasaran penggerebekan tanpa alasan dan kental dengan sentimen homofobik, pada waktu itu pengunjung menentang sejumlah petugas yang bertugas.

Kekacauan tidak bisa dihindari. Apalagi saat itu, Amerika Serikat masih kental dengan sentimen homofobik. Polisi dilaporkan menggunakan kekerasan dan menegur homofobia yang memicu emosi pengunjung.

Polisi, yang hanya berjumlah beberapa orang, kalah jumlah dengan pengunjung Stonewall yang mencapai ratusan orang. Para pengunjung kemudian berhasil mengusir polisi.

Namun, pengusiran itu memprovokasi panggilan pasukan yang lebih besar yang menyebabkan kerusuhan yang meluas. Dalam kerusuhan itu, orang-orang LGBT membela hak mereka untuk hidup dan hidup sebagai masyarakat pada umumnya.

Setelah kerusuhan mereda, insiden Stonewall kemudian menjadi tindakan meringankan dan gerakan hak asasi manusia untuk komunitas LGBT dan dirayakan setiap tahun sebagai "Bulan Pride".

Bermula dari New York, Pride Month sebagai momen masyarakat LGBT membela hak asasinya dirayakan di seluruh dunia.

"Saya melihat generasi yang lebih tua dan bagaimana Anda berjuang untuk menciptakan ruang yang aman dan lebih toleran untuk generasi yang lebih muda," kata Gaga selama kunjungan dadakannya ke Stonewall Inn.

"Di masa lalu, itu tidak pernah terdengar bahkan dari dinding lemari, untuk kesadaran menemukan dan nama identitas seksual mereka, identitas gender mereka sendiri. Mereka menemukannya sendiri dan mereka tidak takut," lanjutnya.

"Kamu yang menciptakannya! Kamu membuat ruang itu," kata Gaga yang lahir dan besar di New York.

Dalam peringatan itu, juga dikenal sebagai Hari Stonewall, Gaga juga mengingatkan orang-orang muda LGBT tentang tantangan yang tersisa.

"Serangan terhadap komunitas trans [transgender dan transeksual] terus meningkat setiap hari," kata Gaga. "Aku tidak akan mentolerir ini. Aku juga mengenalmu,"

Lady Gaga juga menyentuh masalah Donald Trump dan politik AS yang akan memasuki pemilihan presiden tahun depan. Donald Trump, yang disebut Gaga sebagai "presiden yang opresif", akan menyerahkan kembali dirinya sebagai presiden AS.

"Cintai tetanggamu, buka suaramu, dan Tuhan, ikuti pemilihan! Jangan lupa memilih," kata Gaga.

"Jika kita terus memberi dunia ini pesan untuk persatuan dan cinta, bayangkan dunia yang akan kita tempati 50 tahun dari sekarang." lanjut penyanyi pemenang Oscar itu.

KoranGratis.web.id I Menyajikan sajian berita harian untuk Anda.
Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact