Breaking

Sunday, June 30, 2019

Bangunan Mirip Kanal Zaman Majapahit Ditemukan Oleh Warga Jombang

Bangunan Mirip Kanal Zaman Majapahit Ditemukan Oleh Warga Jombang

Korangratis.web.id - Penduduk Jombang menemukan bangunan bersejarah di dasar mata air atau kolam. Berdasarkan bata merah kuno yang digunakan, bangunannya menyerupai saluran air atau kanal yang dianggap sebagai peninggalan zaman Majapahit.

Struktur kuno itu ditemukan oleh penduduk di mata air Dusun Sumberbeji, Desa Kesamben, Distrik Ngoro, Jombang. Sendang tempat ditemukannya bangunan kuno di satu kawasan dengan punden keramat oleh penduduk setempat. Lokasi berada di tengah sawah sekitar 1 km dari kawasan pemukiman.

Salah satu warga Dusun Sumberbeji, Hamdan Ridoi (27), mengatakan bangunan kuno itu ditemukan oleh warga saat sedang membersihkan mata air. Ketika mata air itu dikeringkan, warga menemukan tumpukan bata merah yang tertutup lumpur.

Setelah lumpur sebagian dibersihkan, tampaknya tumpukan batu bata merah adalah dalam bentuk struktur bangunan. Bangunan kuno ini terlihat seperti kanal air. Pusat ini memiliki air yang mengalir ke kedalaman sekitar 3 meter dari pangkalan mata air.

Di sebelah kiri dan kanan diapit oleh struktur bata merah kuno dengan ketinggian sekitar 3 meter. Lebar celah antara kedua struktur bervariasi antara 50-100 cm. Panjang bangunan baru sekitar 10 meter.

"Tampaknya ini adalah peninggalan zaman Majapahit karena batu bata merah sama dengan di Trowulan, Mojokerto, ukurannya besar," kata Hamdan kepada wartawan di lokasi penemuan situs kuno pada Minggu (30/6). / 2019).

Penjaga Situs Bersama-sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang David Widodo mengklaim dia tidak dapat mengkonfirmasi bentuk bangunan kuno yang ditemukan oleh penduduk pada musim semi Dusun Sumberbeji.

"Bisa jadi permukiman, candi, atau saluran air. Mungkin candi," jelasnya.

David mengaku telah melaporkan temuan situs arkeologi ini ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang. Pengecekan dengan para arkeolog di Pusat Pelestarian Warisan Budaya Jawa Timur (BPCB) akan segera dilakukan.

"Besok (1/7) rencananya dari Kantor dan BPCB akan memeriksa ke lokasi," pungkasnya.

KoranGratis.web.id I Menyajikan sajian berita harian untuk Anda.
Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact